Ikan guppy yang cocok buat pemula?




Hallo dulur guppis kabeh...masih semangat tho? Piye baelah kudu semanget-- tetap senyum. 

Soal hari ini hutang mau ditagihlah... atau apalah.. Pokoke kita harus bahagia. Hidup ruwet wajar, termasuk keruwetan dulur gegara ikan guppy. (sory lur langsung saya paksain to the point.....kali ada dulur mual lantaran tikungan ini mohon tahan aja, ga usah muntah ya...🙏😊😊).

Dari beberapa postingan di Facebook banyak dulur-dulur guppis pemula kebingungan dan minta saran soal jenis mana yang cocok buat mereka ternak. 

Cukup banyak memang respon menjawab di kolom komentar, dan menurut saya jawaban yang disarankan bagus-bagus meski ya ada juga sih yang cuma ngejawab iseng.

Sebenarnya saya sendiri ga tahu tulisan saya ini termasuk golongan mana nantinya, apa cukup atau bisa jadi dianggap iseng? 😁😁(Plis...nilai dewek).

Jujur saya bukanlah kelasan suhu, hanya orang yang sedikit duluan nyoba ternak guppy dari dulur-dulur yang saat ini baru mulai. Intinya saya bukan guru atau ahli matematika yang bisa memastikan tentang suatu hasil dari sebuah rumus.

Lah....ngomongin guppy kok nyampe rumus, piye Iki?🤔🤔yang saya maksud disini bahwa tiap orang pasti punya cara sendiri-sendiri, khususnya dalam pengembangan usaha ternak guppy ini, kadang ada yang berangkat dari hoby, adapula lantaran melirik dari sisi keuntungan ekonomi, bisa juga sebab kedekatan komunitas sehingga pengen nyoba ikut dalam kegiatan komunitas tersebut.

Nah dari tiga karakter riwayat orang yang bakal beternak ini kemudian saya namakan masing-masing kedalam tiga tipe yakni: tipe gandulan ; type seorang peternak yang berawal hoby, mereka ikut beternak guppy didasarkan atas kesukaan mereka baik pada jenis tertentu atau pun pada kebanyakan jenis guppy. Kebiasaan dari peternak ini condong pada hobinya, ia beternak guppy untuk dikonsumsi🤔😁dinikmati sendiri. Mereka akan memilih jenis  guppy yang dia ganduli (senangi).

Sementara type kedua adalah type gondolan, type peternak gondolan lebih tertarik pada sisi bisnis, keinginannya untuk beternak agar mendapat profit keuntungan, biasanya type peternak kedua ini akan memulai beternak dengan memilih jenis gupy yang menurut prediksi orang atau dirinya bakal banyak gondolan (menguntungkan).

Selanjutnya type ketiga adalah tipe gendelan; beternak yang bisa disebabkan terpengaruh oleh orang, lingkungan atau bisa pula faktor lain. Type peternak ini biasanya memilih jenis guppy dalam memulai ternaknya melihat kebanyakan orang, ia ikut-ikutan pada gendelan (orang kebanyakan atau kelompok).

Intinya tiga type sebagaimana diatas merupakan klasifikasi niat dan tujuan kita saja dalam beternak, untuk jenis yang cocok buat pemula? Jawaban singkat saya adalah "kembali pada niat dan tujuan kita sendiri." Tapi mungkin akan berbeda jawabannya ketika ada pertanyaan," Guppy jenis apa yang mudah dipelihara buat pemula?"dan untuk menjawabnya tunggu aja tulisan saya berikutnya. 

Terimakasih buat dulur guppis kabeh yang pada sudi mampir di blog saya, mudah-mudahan blog ini bisa menjadi jamu (janda muda) kamu......terus mampir buat ngopi susu alias ngobrolin guppy suka-suka.😘😘😘👍



Comments

HITS POST

Mengenal ikan sepat hias jantan dan betina berikut cara membudidayakannya

Mengenal Ikan Channa

Benarkah ikan Guppy bisa sakit kembung?